Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Cara Mengakses Situs yang Terblokir

leave a comment »

Tulisan cara mengakses situs yang terblokir berikut diperuntukan bagi yang benar-benar membutuhkan akses ke suatu situs tapi karena sesuatu hal, situs tersebut terblokir. Apabila kita mengakses situs dari perusahaan tempat kita bekerja atau di beberapa lembaga pendidikan, administrator jaringan biasanya membatasi akses ke situs-situs tertentu. Adakalanya informasi pada suatu situs tersebut terhapus dan saat itu kita benar-benar membutuhkan. Jika kita memang benar-benar membutuhkan akses tersebut ada beberapa cara yang dapat dipergunakan:

1. Mengunakan layanan penterjemah
Prof Google menyediakan layanan penterjemah yang dapat digunakan untuk keperluan menterjemahkan suatu situs ataupun menterjemahkan teks. Selain untuk keperluan itu kita juga dapat mengakses suatu site yang terblokir dengan layanan ini, prinsipnya dengan menggunakan layanan ini seperti menggunakan perantara.

2. Menggunakan web proxy
Banyak web proxy yang tersedia gratis dan dapat ditanyakan ke Prof google dengan keyword free web proxy. Kita tinggal mengklik salah satu web proxy tersebut. Setelah kita mengakses web proxy tersebut maka tinggal ketikan alamat website yang terblokir. Ada beberapa website yang memblokir web proxy tertentu, atau tidak mengijinkan anonymous IP maka tidak bisa memakai cara ini. Salah satunya adalah hidemy. Ada juga yang berbasis aplikasi yang dapat kita download dan instal di komputer kita Gpass.

3. Menggunakan proxy pada browser
Ada banyak situs yang menampilkan layanan proxy server gratis salah satunya dapat diklik di sini. Pada situs tersebut terdapat alamat proxy dan portnya. Untuk menggunakannya sangat mudah tinggal kita setting browser kita pada manual proxy configuration. Pada firefox dapat kita klik Tool>Option>Network>Settings dan pilih manual proxy configuration. Kita tinggal memasukkan alamat proxy server yang sudah kita dapatkan dan nomer portnya.

4. Menggunakan Tembolok (Cached) yang disediakan Prof Google
Cara ini dipergunakan untuk mengakses informasi yang pada website aslinya telah terhapus. Search engine terkadang menyimpan berkas yang telah terhapus pada bagian ini. Hal ini juga peringatan bagi yang menulis di internet, bahwa tulisan yang telah dipublish akan susah sekali terhapus karena dapat menyebar kemana-mana, untuk itu kita harus berhati-hati dalam menulis.

5. Menggunakan layanan mail seperti web2mail
Setalah mendaftar cara menggunakannya cukup mudah, tinggal mengirim email dengan subject berupa URL yang kita buka dan dikirimkan ke www@web2mail.com maka kita dapat membaca situs tersebut dengan nyaman.

Sebenarnya masih banyak cara lain yang dapat kita pergunakan untuk mengakses situs yang terblokir seperti cara sederhana dengan menuliskan IP (alamat ip dengan mudah didapat dengan perintah ping pada windows command) jika bloking dilakukan hanya terhadap nama situs, memakai short URL service dan banyak cara lain yang dapat kita cari. Kuncinya adalah memahami bagaimana cara bloking pada situs tersebut sehingga kita dapat membukanya dengan langkah tertentu.

Demikian cara mengakses situs yang terblokir, mohon digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat. Penyalahgunaaan untuk keperluan misalnya bermain facebook pada perusahaan kita yang sebenarnya sudah memberlakukan larangan adalah hal yang tidak bijaksana. Kita dapat meminta kepada admin jaringan untuk membukakan block pada situs yang tidak sengaja terblokir karena pengetatan akses yang berlebihan. Aturan ada untuk dijalankan bukan untuk diakali, ilmu adalah pedang bermata dua yang dapat digunakan untuk keperluan baik ataupun buruk.

About these ads

Written by dhidikp

June 6, 2009 at 10:26 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: