Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Menggunakan Email Yahoo dan Gmail

with 2 comments

Tulisan menggunakan email yahoo dan gmail ini berisi tentang pengaturan email untuk memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan Yahoo Mail dan Gmail. Seperti telah kita lihat bahwa komunikasi email sekarang sudah menjadi sangat populer karena berbagai kemudahan dan manfaat yang ditawarkan. Yahoo Mail maupun GMail menjadi dua layanan email gratis yang paling banyak pengguna. Dua layanan favorit ini mempunyai kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan. Banyak orang yang memilih untuk tetap mengunakan kedua layanan email ini dibandingkan hanya memilih salah satunya.

Berikut akan dijelaskan beberapa fitur penting pada kedua layanan ini
1. Pengelolaan folder/label.
Yahoo dan Gmail sama-sama memiliki fasilitas pengelolaan folder. Surat yang ada diinbox juga dapat dipindahkan pada folder atau label untuk gmail. Secara layout folder dari yahoo sedikit lebih terorganisir daripada label pada gmail. Untuk membuat folder baru cukup klik add pada folder. Untuk Gmail klik more dan create new label. Untuk memindahkan surat dari inbox ke folder/label caranya hampir sama, yaitu dengan centang surat yang dimaksud kemudian klik move/move to. Dalam hal membalas surat Gmail mempunyai keunggulan karena histori percakapan email terekam secara berurutan dalam email terbaru sehingga kronologis surat berbalas dengan satu subject akan dengan mudah dapat diliat kembali.

2. Fasilitas perlindungan spam
Yahoo dan gmail sama-sama memiliki fasilitas perlindungan terhadap spam. Untuk melaporkan email yang dianggap spam sama-sama dengan mudah mencentang dan mengeklik spam. Yahoo mempunyai tambahan fasilitas disposable email yaitu alamat yang dapat dipakai untuk suatu keperluan dan jika keperluan telah selesai dan kita tidak menginginkan untuk mendapatkan email tidak penting, dengan mudah kita dapat kita hapus tanpa kehilangan email utama kita. Fasilitas tersebut berada pada Option>More Option>Disposable Email Address>add address. Kita dapat menggunakan email itu semisal untuk mengisi alamat email saat ingin mendapatkan brosur keterangan dari sebuah toko online. Setelah keperluan kita selesai dapat menghapus alamat email tersebut sehingga si toko online tidak akan dapat mengirim lagi brosur-brosurnya yang kita anggap tidak penting. Dari banyaknya serangan, yahoo mail lebih banyak serangan spam, mungkin karena memang lebih populer. Secara umum untuk meminimalkan spam, pengguna email seharusnya memperhatikan beberapa hal berikut:
– tidak bergabung di milist yang anggotanya tidak dikenal dengan menggunakan email utama
– tidak menuliskan alamat email utama pada website ataupun jejaring sosial manapun
– tidak mengirimkan atau mereply di milist yang menggunakan open archieve karena isi message ataupun alamat email kita akan terpapar di internet.
Pada yahoo juga dapat diblock secara permanen suatu email address pada fasilitas spam ini.

3. Fasilitas filtering
Melengkapi fasilitas folder/label, yahoo dan gmail sama-sama menyediakan fasilitas filtering. Fasilitas ini digunakan untuk mengelompokan email sesuai dengan kategori masing-masing sehingga email tidak bercampur aduk di inbok. Misalkan kita join milist alumni di univ kita maka kita tinggal mencreate folder alumni dan membuat filter alumni sehingga jika ada email dari milist tersebut akan masuk folder alumni. Pada yahoo mail, Option>more option>filter>add filter kemudian tinggal berinama filter tersebut dan copy paste alamat milist tersebut pada kotak recipient dan atur aksinya Move to Folder: Milist. Pada Gmail klik Settings>Filters>Creat new filter kemudian isi kriterianya dan klik next selanjutnya tentukan aksinya Apply to the label: milist. Fasilitas untuk mengeblock alamat pada Gmail dapat tergantikan pada fungsi ini dengan menerapkan aksi tandai sebagai spam. Pada Yahoo sudah ada fasilitas terseniri untuk mengeblock alamat email seseorang

4. Fasilitas Pop and Forwarding
Kedua layanan ini mempunyai fasilitas tersebut seandainya kita ingin menggunakan email client seperti outlook atau mozilla Thunderbird atau jika kita ingin memforward ke alamat email lain. Pada yahoo berada pengaturannya ada di Option>more Option>Pop and Forwarding. Pada Gmail ada di Settings>Forwarding and POP/IMAP. Pada yahoo alamat POP3 Server dan SMTP servernya bisa diklik pada tanda tanya dibelakang Allow your Yahoo! Mail to be POPed. Tinggal centang opsi tersebut dan konfigurasi email client kita maka kita bisa menggunakan email client kita untuk memanage email kita. Pada Gmail cara konfigurasinya bahkan diberi contoh dengan jelas yang dapat di klik pada Configuration Instruction.

5. Auto response/Vacation Response
Jika kita sedang liburan atau tidak sempat membuka email dan ingin menjawab secara otomatis, kedua layanan ini menyediakan fasilitasnya. Pada yahoo di option>More Option>Vacation Response. Pada Gmail di Settings>General kemudian pilih di auto response. Tinggal kita ketikan message yang digunakan untuk menjawab otomatis beserta periodenya maka relasi yang mengirimkan email akan mendapat jawaban langsung yang memberitahukan kita sedang tidak bisa menjawab email.

Gmail dan yahoo mail juga menyediakan fasilitas chatting lewat webmail mereka. Yahoo juga menyediakan perlindungan supaya saat kita mengetik tidak di redirect ke webmail yang salah melalui fasilitas create your sign-in seal pada halaman login. Kita dapat memasukan karakter sampai 21 karakter ataupun gambar yang membuat kita bisa menandai bahwa kita benar berada di halaman web loginnya yahoo mail. Masih ada beberapa fasilitas yang dapat dilihat pada Option atau Settings di kedua layanan tersebut. Secara fasilitas memang dua layanan ini berimbang, terserah pada pengguna mau memilih yang mana atau mau menggunakan kedua duanya.

Ditulis oleh:
Dhidik Prastiyanto

About these ads

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Download Kumpulan Contoh Makalah Gratis

  2. niche for share gan , terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 29 other followers

%d bloggers like this: