Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Keamanan Bermain Facebook

with 16 comments

Tulisan keamanan bermain Facebook ini membahas tentang penggunaan fitur facebook untuk menjaga keamanan account dan privacy. Facebook dengan dampak positif dan negatifnya, beberapa kontroversi, kepopuleran memang menarik untuk disimak. Pengguna facebook banyak yang tidak peduli dan tidak tahu dengan keamanan accountnya. Hal ini sangat berbahaya karena serangan yang menimpa sebuah account dapat menular ke account lain yang menjadi temannya.

Kelengahan pengguna facebook dapat kita tengarai dari masih banyak pengguna yang masih belum tahu terhadap fitur yang ada di Facebook. facebook menyediakan setting privacy yang cukup baik. Banyak yang tidak mengetahui secara detail privasi setting dari account tersebut. Setting Privacy dapat digunakan untuk meeninkatkan keamanan bermain facebook.

Pada Setting basic profile, kita dapat mengatur siapa yang diijinkan melihat profil,info,education, gambar, video, wall dan lainnya. Settingya sangat fleksibel. Kita dapat membuat info-info tersebut terbuka dapat diakses oleh semua orang sampai tertutup tidak ada orang yang dapat melihat. Secara spesifik kita juga dapat menentukan siapa saja yang dapat melihat info tersebut. Sebagai contoh kita dapat mengatur si “A” sama sekali tidak dapat melihat foto dan wall kita.

Pada setting contact information juga dapat diatur bagian apa saja yang dapat dilihat dan siapa yang dapat melihat info tersebut. Hal yang perlu diingatkan disini adalah hati-hatilah menampilkan email jika list friend kita terdapart orang yang tidak kita kenal. Memang banyak orang yang suka menambahkan sebagai teman walaupun tidak kenal. Hati-hati terhadap tipe pengguna seperti ini. Amati list friend dan info mereka sebelum approve sebagai teman. Data-data pribadi juga jangan diumbar pada account information. Data seperti tanggal lahir dan alamat juga riskan untuk ditampilkan di media seperti ini. Jika ada orang yang iseng, data2 ini dapat dipergunakan untuk keperluaan penyalahgunaan semisal untuk memblog kartu kredit.

Search setting juga dapat kita atur untuk melindungi account kita. Apabila account kita dapat dicari oleh semua orang juga akan membuat keamanan account menjadi lebih rentan. Disarankan untuk mengatur siapa saja yang dapat mencari account kita misalkan friend of friend dan college friend. Tentu paling aman adalah mensetting only friend.

Setting pada news feed and wall pun bisa diatur untuk kenyamanan pengguna. Info-info yang sekiranya tidak penting dapat diatur untuk tidak masuk dalam wall. Temanpun bisa dibuat dalam berbagai kategori sehingga memudahkan untuk penggunaannya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah setting pada application. Foto yang dipublish dapat diatur menurut album dan siapa yang dapat melihat album tersebut. Kelemahan dari aplikasi photo di facebook adalah tidak ada setting khusus untuk mematikan fasilitas copy foto atau download foto. Untuk itu berhati-hatilah dalam mempublikasikan foto.

Facebook seperti situs-situs jaringan social lainnya rentan terhadap scam, virus, spam dan lain-lain yang serba merugikan. Untuk sedikit mengamankan account bisa dibaca pada link berikut:
http://www.facebook.com/security
Pada link tersebut dibahas mengenai isu keamanan di Facebook. Beberapa hal yang disampaikan antara lain:
1. Waspadai pesan yang mencurigakan seperti pesan untuk melihat suatu video, gambar atau lainnya yang dihubungkan ke situs lain.
2. Account yang terkena spam bisa mengirimkan ke jaringan temannya, apabila ini terjadi jangan di klik pada pesan tau link tersebut, beritahukan si pengirim dan beri tau jaringan teman.
3. Menscan komputer pengguna sangat bermanfaat untuk mengantisipasi serangan, di link tersebut terdapat beberapa sumber virus scan dari web antivirus ataupun dari OS.
Kebiasaan pengguna untuk selalu waspada dan melaporkan setiap email yang mencurigakan akan sangat membantu untuk menjaga keamanan jaringan social ini. Penggunaan password dengan kombinasi huruf angka dan special karakter akan membantu memperkuat keamanan account.
4. Jangan pernah tampilkan tanggal lahir anda dan email anda di situs jaringan sosial semacam ini. Account kita bisa diambil oleh orang yang tidak bertanggung-jawab dengan sangat mudah.
5. Manfaatkan fitur keamanan yang ada di facebook semaksimal mungkin. Pelajari setting account anda dengan teliti
6. Gunakan password yang berbeda untuk setiap account yang kita miliki. Untuk meningkatkan keamanan sebaiknya password merupakan kombinasi huruf, angka dan spesial karakter.
7. Jangan pernah gunakan kartu kredit anda dalam jaringan seperti ini semisal membeli gift atau lainnya.
8. Cara yang paling aman untuk bermain facebook adalah dengan membuat semua private dulu baru dibuka satu-satu sesuai kebutuhan.

Sumber
http://www.facebook.com/security

Written by dhidikp

February 8, 2009 at 11:17 am

16 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Makassihh infonya..kutunggu tulisan2 mas yg membuatku tambah ilmu ya…tq..

    husnul

    March 18, 2009 at 12:28 am

    • Ini iseng2 nulisnya Mbak Husnul..maklum jauh dari keluarga..sharing juga pengalamannya di bidang hukum donk..biar bisa saling belajar

      dhidikp

      March 21, 2009 at 7:32 am

  2. […] Tuisan saya terkait dengan facebook silahkan klik dibawah ini: – Keamanan Facebook […]

  3. ya beren banget spekat, facebook udah mulai banyak celah skarang, makasih banyak, sungguh bermanfaat

    kanada

    April 22, 2009 at 11:56 am

  4. kok di halaman depan facebook email sama paswordnya’nya blm ilang y, masih nempel trs??

    eric

    May 19, 2009 at 4:14 am

    • Browsernya pake apa?kalo pake firefox buka trus klik internet option, tool, privacy, clear history, jangan lupa centang save paswordnya biar kehapus. kalo di komputer pribadi sebenaranya save password tidak begitu masalah. Kalau komputer kantor apalagi warnet jangan pernah menerima tawaran save password

      dhidikp

      May 19, 2009 at 5:43 am

  5. […] Beberapa tulisan saya terkait dengan keamanan: – keamanan-internet-banking – Keamanan Facebook […]

  6. thanx banget buat infonya…benar-benar memberi peljaran yang penting untuk mencegah dampak negatif dr kemajuan…
    barvo

    noldy Jbu

    noldy siahaya

    August 10, 2009 at 7:10 am

  7. hem. .bnr bgt mas. .
    ak stju mengenai dampak – fB. .bs ku angkt jd topik skripsiqu nanti. .truz ksh info ia mas. .

    gege

    August 16, 2009 at 2:02 am

  8. thaNkz mas inForm nY…
    maz kLo bleh req…
    buat tulisn ttg prbndng antr jjrng sosial yg ad skrg
    mksh…

    dyan

    September 17, 2009 at 7:49 am

  9. tapi tmenQ da yg bilang kLo gk bErlebihan, fb bisa sangat berguna….
    benarkah?

    aina haQiQi

    October 3, 2009 at 6:16 pm

    • memang ada sisi positifnya..diantaranya menjalin relasi..mengemukakan ide2 ke teman2 kita..mendapatkan informasi dari jaringan kita..kita harus menyadari sisi positip dan negatifnya.

      dhidikp

      October 4, 2009 at 7:50 am

  10. aku masih belum tahu persis bagaimana bermain facebook

    dhimas

    January 2, 2010 at 2:47 am

  11. Iya facebook jg bisa jd ajang selingkuh..saya juga tdk setuju jika d pakai hal2 sprti itu

    Andi yusman

    January 4, 2010 at 5:15 pm

  12. hufftt…
    memang benar, facebook membuat quh malas belajar…

    gimana ya cara menghilangkan kebiasaan berlama-lama dengan facebook??

    pencari solusi

    March 24, 2010 at 10:51 am

  13. cinta

    ade putra

    May 11, 2010 at 8:33 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: