Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Catatan perjalanan Perancis Belgia Belanda (bagian 1)

with 5 comments

Tanggal 19 desember 2008, aku dan teman-teman di Karlsruhe sudah menanti-nanti hari itu. Liburan akhir tahun telah tiba, kami ingin melepas penat setelah berbulan bulan lelah dalam aktivitas kami. Sebagian besar diantara kami adalah mahasiswa. Hanya satu orang yang telah bekerja di Karlsruhe. Kami telah sepakat untuk liburan ke Perancis Belgia dan Belanda selama 3 hari. Aku sengaja pulang dari institut lebih awal karena kami telah janjian setelah jum’atan akan memulai perjalanan dari Karlsruhe ke Paris. Akan tetapi rupanya darah Indonesia memang mengalir deras di tubuh teman-teman kami. Janji abis jum’atan sampai abis maghribpun belum berangkat. Maaf mungkin tidak semua begitu ya🙂. Aku kadang berpikir, bagaimana ya supaya kita
bisa displin seperti orang Jerman. Temen-temenku Jerman jangankan janjian kerja, janjian acara makan aja tet tepat waktu.

Kami baru keluar dari Karlsruhe jam 7 malam. Mungkin sebagian diantara kami yang sudah menunggu dari siang dongkol di hati, tetapi akhirnya suasana menjadi cair dalam sendau gurau di Mobil VW 9 tempat duduk. Sewa mobil terbilang cukup murah sekitar 200-an euro untuk tiga hari. Aku sendiri baru sekali ini perjalanan jauh di eropa dengan menumpang mobil. Salah satu teman kami telah mempunyai SIM Jerman jadi kami memutuskan untuk pergi dengan mobil karena lebih murah ongkosnya. Perjalanan Karlsruhe- Paris ditempuh dalam waktu 5.5 jam melalui tol. Tidak di Indonesia tidak di Perancis, tol tetep aja bayar:). Bedanya dengan di Jakarta, tol disini jarang macet kecuali ada kecelakaan.

Jam 00.30 kami sampai di Eiffel. Menara yang sangat terkenal itu diguyur warna lampu berwarna biru. Langit saat itu cerah dan setiap satu jam sekali ada atraksi lampu berkelap kelip yang membuat Eiffel semakin indah. Eiffel berdiri megah di tepian sungai Seine. Sayang sekali kami tidak sempat melihat sungai Seine di waktu malam. Jeprat-jepret foto tanda kekaguman dari kami orang desa pengen mengabadikan kenangan itu. Sampai larut malam di Eiffel masih cukup banyak pengujung. Menurutku Eiffel memang lebih indah di waktu malam memang lebih indah daripada waktu malam.
eiffel_biru
Aku bersama sahabat dekatku pernah mengunjungi Eiffel di waktu siang. Terlintas dalam benakku Eiffel kok seperti menara BTS yang banyak bertebaran di penjuru indonesia🙂. Mungkin Eiffel terkenal karena di Eropa jarang terlihat menara BTS karena backbone telekomunikasi disini memakai jaringan fiber optis yang kapasitasnya sangat besar. Mungkin terlalu meremehkan jika membandingkan Eiffel dengan menara BTS, cuma bentuknya yang mirip sedangkan ukuran, arsitektur dan kerumitan strukturnya tentu tidak bisa dibandingkan. Harusnya membandingkan Eiffel dengan Borobudur mungkin.

Eiffel dibangun 1889 dengan tinggi 319 m. Borobudur dibangun pada abad 9 dengan 2,670 relief (sumber: pakde wikipedia). Nenek moyang kita ternyata sudah hebat ya, mungkin kita jangan hanya membanggakan mereka tapi berusaha semaksimal mungkin supaya sejajar dengan bangsa lain. Semboyan pak presiden kita bersama kita bisa jangan menjadi bersama kita celaka. Maaf kalo ‘mode ustadz lagi on’.

Setelah puas memandangi Eiffel kami memutuskan untuk pulang ke hotel yang telah kami pesan lewat internet. Sesampainya di mobil ternyata alamat yang tertera dalam printout konfirmasi hotel tidak ada dalam GPS temenku. Yah…bagaimana harus menemukan alamat di Paris tanpa panduan GPS. Akhirnya aku membangunkan temenku di Paris jam 01.30 lewat deringan handphone meminta bantuan dia untuk mencari di internet alamat jelasnya hotel tersebut. Orang panik kelakuannya memang sering menjengkelkan. Untung temen kami pengertian sehingga dia rela sambil mengantuk mencarikan alamat detil hotel tersebut. Kami juga menelpon pihak hotel. Akhirnya setelah menunggu setengah jam baru ketemu alamat jelasnya. jam 2 malam Kami cabut dari Eifel menuju hotel yang namanya seperti nama balap mobil.

Ternyata hotel yang kami pesan cukup jauh dari pusat kota Paris. Kami baru sampai di hotel jam 2.45. Petugas hotel menyambut dengan pelayanan yang biasa saja. Mungkin karena bukan hotel bintang ya. Aku sarankan di Eropa kalo tidak menginap di tempat teman sekalian saja nginep di Hotel bintang. Hotel bintang 2 di pusat kota Paris harganya 70 Euro/malam sedangkan hotel balap mobil harganya 55 Euro/malam. Kalau tidak musim dingin mungkin kami memilih tidur di mobil. Akhirnya kami terlelap setelah kecapekan perjalanan yang cukup jauh tersebut. Turis mahasiswa memang paling menyebalkan mungkin ya, cari yang termurah tapi ingin nyaman dan kalo bisa jalan-jalan di banyaktempat🙂.

Bersambung…..

Written by dhidikp

February 23, 2009 at 6:59 pm

Posted in Holiday

Tagged with ,

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Aku dulu nginep di Hotel Formula 1 di Paris letaknya gak terlalu jauh dari Eifel. Seandainya hotel jauhpun transport di Paris juga nyaman kok, Metro (Underground) tersedia 24 jam.

    Chacha

    February 24, 2009 at 3:29 am

    • aku gak nyebut nama hotelnya…namanya mirip balap mobil..ini Chacha malah nyebutin🙂 … kalo menurutku sih gak nyaman hotelnya hehe ..

      dhidikp

      February 24, 2009 at 7:34 am

  2. Kalo jalan-jalan & nginap di hotel dsana nyari makanan halalnya susah po gampang Dhik?. Opo do ngowo roti dewe2 he..he..

    meilana

    February 26, 2009 at 2:34 am

    • Makanan halal gampang…tinggal cari kebab…kebab dimana-mana

      dhidikp

      February 26, 2009 at 6:13 am

  3. klo memilih hotel F1 untuk transportasi umum mudah pak?dr bandara orly.tks pak

    tanti

    December 10, 2010 at 11:06 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: