Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Page Facebook Say “No” to Megawati

leave a comment »

Pendapat pribadi mengenai Page yang perkembangan supporternya sangat luar biasa.
Sampai tanggal 6 April pendukung page ini hampir mencapai 100000 hanya dalam beberapa hari.
Bentuk kekecewaan terhadap salah satu peserta Calon Presiden RI Pemilu 2009.

Hal yang saya kritik disini adalah penggunaan kata-kata dari beberapa pendukung yang cenderung tidak pantas untuk dibaca. Hal ini akan membuat simpati orang-orang yang ingin bergabung menjadi berpikir. Tentu akan ada orang yang semula mau bergabung di grup ini tetapi begitu melihat banyaknya gambar yang tidak pantas dan komentar yang tidak semestinya mengurungkan niatnya untuk bergabung.

Selayaknya kalau mau beraspirasi kita menggunakan kata-kata yang santun. Pengungkapan fakta akan jauh lebih bermanfaat daripada saling menghina. Fakta tentunya bisa didapatkan dari berbagai sumber. Penyebutan sumber yang akurat akan menyakinkan orang yang membacanya. Data-data yang diperlukan juga dapat dengan mudah ditanyakan pada Prof Google.

Dalam mengelola sebuah Page admin seharusnya memberi aturan-aturan awal yang jelas sehingga tujuannya dapat tercapai. Admin juga dapat melakukan tindakan perbaikan dengan memblock beberapa supporternya yang memposting kata-kata dan gambar tidak pantas. Akan tetapi dengan banyaknya anggota dan tool administrasi yang terbatas akan membuat admin kesulitan untuk melakukan tindakan-tindakan yang semestinya.

Kesulitan bertambah saat ada orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu memanfaatkan Page ini. Banyak yang berkomentar miring dengan menggunakan account sementara yang dapat ditengarai dengan tidak adanya list friend dalam account tersebut.

Page ini keberadaannya juga telah masuk dalam media nasional. Andai saja pendukung page dapat berpikir secara bijak dengan mengungkapkan informasi disertai dengan data-data yang jelas, saya yakin merupakan penyaluran aspirasi yang efektif. Hinaan dan caci maki tidak akan membuat tujuan cepat tercapai tapi justru sebaliknya.

Bagi yang penasaran mohon maaf karena Page yang didukung hampir 100000 orang tersebut telah dihapus
Silahkan baca tulisan saya berikut
Hilangnya Page Say No to Megawati

Pendukung page tersebut terpaksa harus membangun lagi dari nol karena terhapusnya Page tersebut. Versi barunya bisa diklik dibawah ini
Page SNTM
Pada tanggal 12 April Page tersebut kembali tidak dapat ditemukan dengan search di account facebook. Untuk Group yang dibentuk dengan nama yang sama dengan page terdahulu dapat diklik pada link dibawah ini:
Group SNTM

Mari kita berpikir lebih jernih. Berpendapat dengan santun, dan beraspirasi untuk membuat kehidupan sosial lebih sejahtera.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: