Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Sinyal Sinus Gambaran Alami Kehidupan

leave a comment »

Dalam ajaran agamaku ada perintah untuk membaca. Membaca disini dalam artian yang tersurat maupun tersirat dalam kehidupan.

Sejak sekolah dasar kita sudah diajarkan tentang fungsi trigonometri, sinus, kosinus dan sebangsanya.
Yang mendalami bidang teknik elektro hampir tiap hari berinteraksi dengan fungsi ini. Dalam kehidupan sehari-hari kita juga berhubungan dengan “makhluk” ini. Kita dapat berkomunikasi dengan nyaman karena sinyal suara kita yang di ubah menjadi sinyal listrik sebagai sinyal informasi yang akhirnya dibawa juga dengan sinyal pembawa yang bentuknya juga sinus. Kita dapat menikmati listrik juga dengan perantaraan sinyal ini. Frekuensi jala-jala listrik di indonesia 50 Hz (sinyal tegangan jala2 ideal sinus). Pada prakteknya tidak sinus murni, tetapi harmonisa yang membuat sinyal tersebut tidak ideal adalah sinus-sinus dengan frekuensi tinggi terjadi karena tidak ada piranti yang ideal, beban yang nonliner dan sebagainya.

Kalau kita perhatikan bentuknya. Untuk durasi 1 detik dengan frekuensi 1 Hz maka akan kita dapati perjalanan mendaki mulai dari amplitudo nol menuju kepuncaknya kemudian akan turun menyusuri lembah menuju dasar jurang sinus dan kembali naek lagi menuju nol.

Itulah gambaran kehidupan kita. Adakalanya kita berada di puncak kesuksesan kita tetapi suatu saat kesuksesan itu akan turun. Keimanan atau kesadaran kita untuk berbuat baikpun naik turun. Kesehatan dan kondisi kita juga begitu. Walaupun bentuknya tidak selalu menuruti sinus ideal. Ingatlah bahwa sinyal kompleks tersusun dari sinyal-sinyal sinus.

Mungkin ada yang bertanya kenapa ada orang yang suksesnya lama sekali tidak turun-turun. Ini juga dapat kita analogikan dengan sinyal “ajaib” ini. Silahkan saja menggambar sinyal sinus dengan frekuensi sangat rendah. misalkan 2*10^-10 Hz. Maka untuk mendaki ke puncak sinyal ini membutuhkan waktu 31,7 tahun mendaki dari nol menuju puncak kesuksesan, tentu saja akan bertahan lama dipuncak kesuksesannya. Pencapaian untuk mencapai puncak secara instantpun biasanya akan berakhir ke dasar lembah secara instant juga.

Menurut pakdhe Fourier, sinyal kompleks dapat diurai menjadi sinyal-sinyal penyusunnya. Mau tahu apa sinyal penyusun tersebut?. Lagi-lagi adalah sinyal sinus. Yang mendalami bidang elektro silahkan membangkitkan gelombang kotak dan lihat dalam spektrum analyzer. Kita lagi2 akan mendapati spektral frekuensi sinyal-sinyal sinus penyusun tersebut.

Secara alami air akan bergelombang menyerupai sinyal ini, gunung-gunung dan lembahpun begitu. Kalo ada yang bentuknya kotak itu karena ada unsur paksaan yang kuat ayng mempengaruhi. Contohnya karena pergeseran lempeng bumi sehingga terjadi patahan. Gerakkan saja tali maka tali tersebut akan meliuk2 seperti sinus. Kao kotak-kotak liukan tali anda berarti anda seorang pesulap.

Inti ocehan ini adalah kehidupan kita naik turun mengikuti alur yang telah digariskan Pencipta kita. Saat kita di atas ingatlah bahwa suatu saat kita akan turun. Jangan putus asa jika gagal karena suatu saat kalo kita berusaha memperpendek periode sinus tersebut maka kesuksesan akan datang. Ini berlaku juga bagi penulis yang motivasinya untuk menuntut ilmu menyelesaikan studi juga naik turun. Berusaha menjaga ritme sinus sehingga saat motivasi sedang diatas dapat bertahan lama. Celoteh memang mudah, yang susah adalah melaksanakannya. Moga hari esok lebih baik dari hari ini.

Written by dhidikp

April 17, 2009 at 11:59 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: