Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Pencarian Ilmu

leave a comment »

ilmu semakin dicari semakin banyak yang tidak kuketahui
seperi gunung di lautan yang dalam yang keliatan puncaknya saja
aku telusuri puncaknya aku kira hanya seperti itu saja
tambah ke dalam ternyata semakin ke dalam semakin banyak yang tidak ku ketahui, semakin bingung aku kemana arah yang harus ku tempuh.

dengan ilmu, penjelasan tentang fenomena fisik dapat diketahui. Dengan eksperimen2 untuk membuktikan hipotesis dapat terlahir teori-teori baru. Manusia juga dapat memanfaat dan merekayasa mengendalikan sifat fisis, kimiawi dan sifat2 lain yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan.

Jutaan neuron di otakku yang tesambung rapi berusaha memahami apa yang aku liat, apa yang aku baca, mereka mengirimkan sinyal secara proses kimiawi satu sama lain. Ruwetnya proses itu hanya digunakan untuk memahami sesuatu yang kalo sudah dimengerti sepertinya sesuatu yang sepele.

Manusia dengan otak sebesar genggaman kepalan tangan mampu menemukan, merekayasa atau berbuat lainnya yang efeknya sangat luar biasa.

Itulah yang dapat dilakukan oleh otak yang terus mencari tanda-tanda kekuasaanNYa yang tersirat di alam semesta, ke manakah ujung pencarian ilmu oleh seseorang?

Sepertinya jawabannya adalah tidak ada akhirnya. Ilmu yang kita dapatkan tidaklah banyak. seberapa banyak teori yang mampu tersimpan dalam simpul2 otak?seberapa cepat kemampuan transmisi antar neuron otak untuk membuka lembar-lembar ingatan apa yang pernah dibaca, diliat, diraba , didengar?

Ilmu memang tanpa batas. Manusia selama hidupnya tidak akan pernah mencapai kesempurnaan dalam pencapaian ilmu. Semakin dalam manusia mempelajari sesuatu bukan semakin sedikit yang tidak diketahui tapi trenyata semakin banyak yang tidak diketahui. Tidaklah pantas bagi manusia untuk menyombongkan diri dengan ilmunya. Samudera ilmu yang maha luas tidak akan mampu untuk kita arungi dengan segala keterbatasan kita.

Aku hanya dapat menentukan arah pencarian ilmu walaupun kadang tersesat karena panduan arah dalam otakku terbatas pada pengalamanku yang sangat sedikit, menetapkan target-target pencarianku, dan yang harus kupikirkan adalah seberapa bermanfaat ilmu yang kudapat.

aku akan terus mencari, menyusuri lorong-lorong pencarian gelap. Aku harapan setitik sekiranya Yang Maha Mengetahui sudi memberikan petunjuk, jalan gelap itu akan sedemikian mudah untuk kulalui. Semoga ilmu yang kudapat bermanfaat.

Ditulis oleh: Dhidik Prastiyanto
dipublishkan pertama kali di blog friendster

Written by dhidikp

April 23, 2009 at 10:29 pm

Posted in Opinion

Tagged with ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: