Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Tips Menghindari Penipuan di Internet

with 3 comments

Tips menghindari penipuan di internet membahas agar terhindar dari penipuan di internet. Penipuan di internet memang sangat marak karena sifat internet yang terbuka dan bebas untuk semua orang. Hal yang ditulis disini adalah gambaran secara umum dan hanya bertujuan untuk menambah wawasan supaya kita tidak tertipu. Dunia internet adalah dunia bebas yang didalamnya kita tidak mengetahui siapa saja dibalik sebuah situs atau sebuah email. Undang-undang informasi dan transaksi elektronis memang telah disahkan di Indonesia, tetapi jangan terlalu banyak berharap perlindungan yang bagus dari Undang-undang ini. Sebagai undang-undang yang baru, kesiapan pendukung undang-undang ini masih sangat minim. Walaupun nantinya pemerintah sudah sangat siap dengan piranti dan perangkat pendukungnya tetapi tetap saja kunci keselamatan kita di internet sangat tergantung pada kewaspadaan dan pengetahuan kita.

Untuk menghidari penipuan di intenet kita harus mengetahui modus-modus yang dipergunakan oleh sang penipu. berikut dijelaskan tentang modus-modus penipuan dan tips untuk mengatisipasinya.

1. Penipuan lewat Email
Sang penipu sering memanfaatkan ketidaktahuan pengguna internet baru dan mengirimkan email yang berisi
– Pemberitahuan bahwa kita memenangkan hadiah
Undian berhadiah memang menggiurkan tapi jangan pernah berharap memenangkan undian berhadiah. Angan-angan memenangkan hadiah adalah angan-angan pemimpi. Kemungkinan kita memenangkan hadiah adalah sangat kecil.
– Meminta bantuan untuk menerima uang dalam jumlah besar
Tidak ada orang asing ataupun orang indonesia yang sudah tidak butuh unag lagi sehingga hartanya dengan mudah dihibahkan ke kita sebagai orang yang tidak dikenalnya.
– Meminta-minta dengan mengatas namakan lembaga
Modus meminta sumbangan sering kali disalahgunakan. Inilah tipikal orang yang menghalalkan segala cara dalam mendapatkan rejeki. Jika ingin menyumbang kita bisa menyalurkan lewat lembaga yang jelas.
– Meminta informasi penting dengan menyamar sebagai pihak yang berwenang
Sering kali penipu mengatas namakan sebagia petugas bank yang meminta nomer rekening, user name dan pin kita di internet banking dengan alasan ada kesalahan tranksaksi yang harus diperbaiki. Penipu juga sering kali mengaku sebagai petugas keamanan yang sedang ditugasi untuk memeriksa data nasabah.

Tips: – Jangan pernah percaya pada email yang isinya setelah disebutkan di atas. Kalaupun kita menang undian pasti akan dihubungi secara langsung melalui telepon, surat atau lainnya. Melalui teleponpun kita harus hati-hati yaitu dengan menanyakan langsung ke penyelenggara undian tersebut. Cari dengan seksama alamat penyelenggara undian tersebut kalau memang kita mengikuti kuis berhadiah.
– Jangan pernah mempercayai petugas bank atau petugas keamanan yang menanyakan data lewat email, telepon dan sms. Bank tidak akan menyuruh petugasnya untuk melakukan hal ini.
– Para penipu ataupun automatic software tersebut biasanya mendapatkan email kita dari berbagai aktivitas yang kita lakukan di internet. Untuk itu akan lebih baik untuk membuat email khusus yang hanya dipakai untuk konfirmasi transaksi finansial dan tidak ada orang lain yang tau selain kita.

2. Situs tiruan
Situs tiruan ini bisa dibuat untuk mengelabuhi pelanggan. Biasanya sang penipu membuat situs dengan mengubah satu kata sehingga mirip dengan nama bank yang kita gunakan misal http://www.bmi.co.id/. Kesalahan ketik antara n dan m sangat mudah terjadi, dengan tampilan situs yang dibuat persis maka sang penipu dapat dengan mudah mendapatkan account kita.

Tips: – Ketikan dengan seksama alamat internet banking jika ingin melakukan tranksaksi. Internet banking pasti menggunakan protokol https jadi curigai jika hasil ketikan ada tidak mengarah ke protokol https. Lakukan juga pengecekan certificate benar atau tidaknya situs tersebut dengan mengklik gambar gembok di ujung bawah browser dan view certificate
– Jangan pernah melakukan penyimpanan password untuk internet banking yang ditawarkan oleh browser kita walaupun di komputer dan laptop pribadi. Saat laptop kita kecurian akan sangat berbahaya jika kita menyimpan pasword kita.

3. Toko Online Palsu
Banyak sekali toko online palsu yang sebenarnya hanya bertujuan memperoleh data kartu kredit kita. Begitu data kartu kredit didapatkan maka dengan mudah akan dapat disalah gunakan.

Tips:- Jangan pernah gunakan kartu kredit untuk pembelian online kecuali perusahaan tersebut terpercaya. Teliti dengan benar web maskapai pesawat apakah asli atau aspal jika ingin membeli tiket. Untuk berlangganan jurnal juga pilih jurnal yang terpercaya dan kita kenal. Kalau tidak kenal benar dan ragu-ragu maka jangan pernah gunakan kartu kredit kita.

4. Iklan barang di internet
Modus ini juga sangat sering terjadi dengan berbupa-pura menjual barang misal di iklan baris online. si penjual biasanya meminta uang muka dulu sebelum mengirimkan barang jika transaksi disepakati. Setelah uang muka didapatkan barang tidak kunjung datang.

Tips: – Perlindungan konsumen di Indonesia masih lemah, jadi untuk saat ini jangan percaya pada penjual online yang tidak kita kenal. Sebaiknya bertemu langsung untuk serah terima barang. Saya tidak mengetaui apakah di Indonesia ada jasa perantara seperti ebay untuk memfasilitasi penjual dan pembeli. Menggunakan ebaypun hati-hati teruta untuk barang yang second. Lembaga perantara sangat perlu untuk menjamin transaksi aman. Kalau tanpa ada lembaga perantara yang terpercaya jangan pernah melakukan transaksi online.

5. Lembaga atau perusahaan licik
Banyak perusahaan, travel agen yang beretika bisnis buruk. Mereka biasanya menaruh suatu peraturan di menu tersembunyi yang ternyata isinya kalau sudah memesan maka akan ada biaya pembatalan apapun alasan kita. Saya pernah mengalami hal ini, 50 euro melayang gara-gara memesan tiket pesawat di agen, hanya dengan klik booking, belum sampai tahap berikutnya. Pada menu tersembunyi memang ada aturan dengan mengkik booking maka ada biaya administrasi jika membatalkan walaupun kita belum membayar. Tulisan ini sengaja dibuat kecil dan tersembunyi untuk menjebak orang yang baru pertama kali berkunjung ke web agen tersebut.

Tips: – Baca dengan detail aturan sebelum memesan tiket atau barang dan sebaiknya menelpon bagian customer service untuk menanyakan aturan pemesanan dan pembatalan.

6. Download gratis
Banyak teman saya menjadi korban download gratis yang ternyata “ada udang dibalik rempeyek”. Sama seperti modus nomer 5, ada aturan yang dibuat kecil dengan maksud menjebak pelanggan. Setelah mendownload maka akan segera datang tagihan untuk membayar “download gratis” tersebut

Tips: – Batalkan untuk mendownload gratis jika disuruh mengisi data diri yang ada alamatnya. Alamat tersebut akan dipergunakan untuk tagihan yang tersembunyi.
– Gunakan disposible email jika hanya email yang diminta untuk dapat mendownload. Mengenai disposable email akan saya bahas dalam tulisan selanjutnya.

7. Program investasi tidak jelas
Harta memang menggiurkan, dan silahkan ketik di prof google mencari uang lewat internet maka akan muncul banyak sekali investasi tidak jelas. Penjelasannya yang menyakinkan akan membuat orang tergoda untuk melakukan investasi. Apalagi dengan modal relatif kecil misalkan 200rb dalam waktu 2 tahun menjadi 2 milyar.

Tips: – Jangan ikuti program investasi tidak jelas. Kalau benar dalam 2 tahun 200rb akan menjadi 2 milyar maka orang tersebut tidak akan mengiklankan investasinya. Lebih baik pengelola program tersebut investasi sendiri atau mengajak keluarga dan teman terdekat sehingga dirinya sendiri dan kroni-kroninya bisa kaya dalam tempo yang cepat. Tidak ada makan siang yang gratis. Untuk mendapatkan uang yang besar kitapun harus berusaha secara mati-matian. Tidak ada program yang tinggal setor sejumlah uang kecil, ongkan-ongkang, setelah itu dalam waktu cepat jadi jutawan. Program seperti itu hanya ada dalam impian.
– Memang ada beberapa program investasi atau MLM yang benar, akan tetapi program itu pasti akan mengharuskan kita banting tulang mengajak orang ke sana ke mari dalam jangka waktu yang lama baru menikmati kesuksesan. Kalau kita bukan tipe pekerja keras jangan pernah ikut MLM karena hanya akan jadi orang yang terinjak-injak didasar piramida MLM. Kalau memang MLM dijadikan harapan hidup maka waktu kita harus tersita habis dalam tahun-tahun awal untuk membangun jaringan. Saya pribadi adalah penolak bisnis MLM karena saya tidak bisa mengajak orang dan tidak bisa berjualan. Saya juga bukan orang yang tega menginjak-injak saudara saya di dasar piramida MLM demi keuntungan pribadi saya. Lain halnya jika kita ikut MLM karena memang tertarik produknya dan ingin memakai produk tersebut dengan harga lebih murah dan kita tidak berharap keuntungan lain. Jadi kalau bukan penjual dan presenter ulung maka jangan pernah ikut program MLM. Jangan pernah berharap menjadi kaya hanya dengan berdiam diri.

8. Memanfaatkan kelengahan orang di fasilitas internet umum
Ternyata ada saja yang mau memanfaatkan ketidaktahuan orang lain. Dengan memasang program key logging atau program sniffer di fasilitas internet umum semisal warnet, sang penipu akan dengan mudah mendapatkan account dan password kita.

Tips: – Jangan pernah melakukan transaksi finansial dengan internet banking ataupun kartu kredi di warnet atau fasilitas umum internet lainnya. Untuk kegiatan non finansial di warnet misal login ke email, jangan pernah menerima tawaran save password dari browser yang kita gunakan.

Internet memang masih terlalu bebas walaupun sudah banyak aturan yang dibuat. Untuk itu jangan pernah tampilkan data pribadi seperti tanggal lahir, alamat lengkap, alamat email, nama ibu di website kita atau di website manapun. Data-data tersebut bisa dipakai oleh orang lain untuk merugikan kita. Selain itu kita juga harus selalu waspada terhadap modus penipuan yang kian licik dan beragam. Demikian tulisan tentang tips menghindari penipuan di internet, semoga bermanfaat.

Beberapa tulisan saya terkait dengan keamanan:
keamanan-internet-banking
Keamanan Facebook

Ditulis oleh:
Dhidik Prastiyanto

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Thx tips2nya, pasti sangat bermanfaat. Oh ya, aak jg pernah jd korban penipuan,pas mau bl camera. Sang penjual ada di surabaya. Seoalah dia meyakinkan pembeli kl dia bukan penipu.malah dia minta kt utk ngecek kebenaran alamat toko. Sayangnya,kt g punya teman/sdr d sby,dan seperti kena gendam aj. Mungkin sbg catatan tambahan: kita hrs cek keberadaan toko,lewat telp/teman.sang pembohong biasanya gak mau d kontak lwt telp.cm mau via sms or email.

    Cha

    May 21, 2009 at 11:35 am

    • Sama-sama. Memang harus berhati2 kalau membeli lewat iklan di internet, banyak yg memanfaatkan kelengahan orang. Moga2 dengan selalu waspada akan terhindar terhadap penipuan yang modusnya kian beragam

      dhidikp

      May 23, 2009 at 9:27 pm

  2. thanks y tips ny. . .

    sandy

    February 19, 2010 at 2:01 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: