Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Ramalan Cuaca

leave a comment »

Saat berada di Indonesia, salah satu acara televisi yang paling tidak aku percayai adalah ramalan cuaca. Sudah Sudah lama aku tidak menonton lagi ramalan cuaca di televisi. Aku tidak tahu lagi apakah acara itu masih ada atau tidak. Gaya pembawa ramalan cuaca yang menyakinkan tak merubah pendirianku untuk melirik acara ini. Mungkin karena banyak daerah di Indonesia cuacanya jarang berubah, selalu cerah waktu kemarau dan hujan hanya saat musim penghujan saja membuat acara ramalan cuaca terasa semakin menjemukan.

Temenku pernah mengatakan kalo di jerman gak ada cuaca yang buruk, yang buruk adalah pakaian. Aku kena batunya juga membawa kebiasaan tidak menegok ramalan cuaca atau cuek dengan ramalan cuaca. Kejadiannya pada saat musim semi. Setelah berhari-hari cerah, suhu udara mulai hangat dan tidak ada tanda-tanda untuk hujan sekilas aku liat ramalan cuaca di sini. Aku liat siang nantisuhu udara turun drastis akan hujan, aku nggak percaya pada ramalan cuaca tersebut. Strassenbanhn yang aku tumpangi menuju ke tempat kerjaku 3 menit lagi berangkat, dengan cepat aku menyambar tas mengunci pintu dan bergegas lari ke halte karena hari ini ada acara seminar mingguan di institutku.

Aku hanya mengenakan kaos oblong dan celana jeans saja berangkat ke institut. Pada saat membuka pintu apartemen ternyata.. .berr, dingin oei. Mau balik ke atas tidak ada waktu lagi ya sudah nekat saja. Kesialanku tidak hanya itu saja ternyata saat makan siang bareng2 dengan teman-teman semua sudah siap dengan jaket lengkap dengan membawa payung. Siang itu ternyata benar kata ramalan cuaca, hujan dan dingin. Aku keliatan seperti orang aneh sendiri. Sebagai orang asing apalagi berasal dari daerah tropis, hanya memakai kaos oblong dan jaket, sementara teman-teman jerman menggunakan jaket. Itulah akibatnya tidak mempersiapkan diri seperti kata pepatah sedia jaket sebelum dingin hehe.

Pengalaman tak terlupakan yang memberi nasehat untuk melihat ramalan cuaca setiap hari. Membahas tentang ramalan cuaca, di negara maju memang sudah sangat bagus layanannya. Dua buah website yang sering aku gunakan untuk melihat ramalan cuaca di kota karlsruhe adalah wetteronline dan wetter rtl. Website tersebut menyediakan layanan gratis untuk ramalan cuaca 6 hari kedepan. Tingkat akurasi memang lebih bagus untuk cuaca hari ini atau cuaca esok hari. Dengan mengetikkan nama kota maka akan tertampil dengan cepat ramalan cuaca tersebut. Untuk yang berlangganan disediakan ramalan cuaca 14 hari kedepan.

Pengelola ramalan cuaca tersebut mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang pada website tersebut dan dari pelanggan berlangganan. Ramalan cuaca memang sangat penting sebagai pendukung industri pariwisata, transportasi khususnya transportasi melalui laut dan udara. Pengembangan riset di bidang ini ternyata sangat dibutuhkan misalnya untuk menentukan arah angin dan kecepatannya, tinggi gelombang laut dan hal-hal lain yang penting.

Ternyata acara ramalan cuaca yang dulu sangat membosankan bagiku sekarang setiap hari aku memanfaatkannya.

Written by dhidikp

May 29, 2009 at 9:36 pm

Posted in daily life

Tagged with , ,

Leave a Reply

