Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Kerjasama Universitas dan Industri

with one comment

Tulisan kerjasama universitas dan industri ini adalah pendapat pribadi mengenai perlunya kerjasama yang erat antara pendidikan dan calon penggunanya.

Saat itu pagi-pagi sekali saya bangun dan bergegas menuju Universitaet Karlsruhe karena hari ini akan ada ekskursi ke perusahaan Rohde & Schwarz di Muenchen. Sebenarnya sebagai doktorand saya tidak ada kewajiban untuk kuliah, tetapi sebagai seorang dosen saya iingin mengetahui mengapa pendidikan di Jerman sangat maju dan mampu menghasilkan karya-karya yang berkualitas tinggi. Mata kuliah yang saya ikuti dalam silabusnya terdapat satu kali kunjungan ke perusahaan. Memang di jurusan saya banyak matakuliah yang didalamnya terdapat ekskursi ke perusahaan.

Kami sekitar 20 mahasiswa berangkat dari Karlsruhe jam 6 pagi menggunakan bis yang disewa universitas ke muenchen. Mahasiswa hanya membayar 5 euro untuk mengikuti ekskursi ini, tahun-tahun sebelumnya gratis. Kami akhirnya sampai muenchen dan langsung menuju kantor perusahaan Rohde dan Schwarz. Sesampainya di perusahaan tersebut kami disuguhi presentasi tentang perusahaan dan presentasi teknis tentang sistem televisi digital yang diproduksi oleh rohde n schwarz. Peralatan seperti konektor koaxial yang sangat besar (berdiameter 30 cm), combiner dan berbagai peralatan lainnya. Setelah penjelasan dengan berbagai contoh peralatan, mahasiswa diajak mengunjungi implementasi tv digital yang sejak lama telah beroperasi di wilayah munchen. Fernsehen Turm di munchen adalah contoh stasiun tv digital yang menggunakan peralatan dari Rohde and Schwarz.

Pada akhir acara mahasiswa diminta untuk mengisikan data diri dan pertanyaan ketertarikan untuk melakukan diplomarbeit, praktikum ataupun bekerja di rohde n schwarz selepas lulus. Yang perlu menjadi catatan bahwa perusahaan tersebut melakukan follow up dengan mengirim ke email masing-masing peserta tentang lowongan yang tersedia. Hubungan harmonis tersebut merupakan salah satu faktor majunya universitas di Jerman. Memang dalam hal riset universitas di Jerman merupakan pioneer yang mengambil inisiatif pengembangan teknologi maupun menyelesaikan permasalahan yang ada atau permintaan dari dunia industri. Mahasiswa biasanya diberi kebebasan untuk mengembangkan ide-ide penelitian yang ada kaitaannya dengan industri ataupun murni pengembangan teori dan teknologi.

Universitas dan pusat riset juga banyak mendapatkan dana penelitian dari perusahaan dengan bentuk penelitian kerjasama dengan industri. Kesinambungan kerjasama tersebut terjaga karena perusahaan banyak mendapatkan inovasi dan pengembangan produk dan teknologinya dengan rintisan penelitian yang berasal dari universitas. Sebagai contoh peralatan pemanas dengan gelombang mikro untuk skala industri dikembangkan dengan kerjasama antara laboratorium tempat saya meneliti dengan industri.

Di Indonesia pola hubungan yang harmonis tersebut bisa diawali dengan kesiapan sumber daya manusia di universitas dan kemauan industri untuk menggunakan jasa universitas. Penelitian-penelitian yang dilakukan bisa dikembangkan untuk mendukung kemajuan industri. Kegiatan kunjungan ke perusahaan yang biasanya hanya seremoni KKL bisa diubah menjadi bentuk pengenalan industri pada mahasiswa sehingga terdapat gambaran yang utuh tentang mata kuliah yang didapatkan. Yang dialami banyak mahasiswa selama studi S1 dan S2 di Indonesia adalah berangan-angan membayangkan implementasi suatu teori atau konsep tanpa pernah melihat penerapan secaranya nyata. Dengan pengenalan sejak awal akan membuat angan-angan tadi menjadi suatu ide kreatif untuk mengembangan suatu teknologi dan berbagai karya lainnya yang bermanfaat. Seperti pepatah tak kenal maka tak sayang. Universitas dan industri memang harus saling mengenal dan sama-sama berusaha meningkatkan partisipasi dalam memajukan kedua belah pihak. Mari kita bina hubungan kerjasama universitas dan industri sehingga semboyan link and match tidak hanya menjadi slogan semata.

Ditulis oleh
Dhidik Prastiyanto

Written by dhidikp

June 16, 2009 at 10:16 pm

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya suka dengan cerita hubungan Universitas dan Industri tersebut di atas. Ada orientasi penelitian yang langsung ditujukan untuk memenuhi kebutuhan industri. pertanyaan yang muncul dalam benak kami adalah
    1. Selain keuntungan immateriel berupa Ilmu bagi Universitas, adakah keuntungan materiel yang didapat oleh Universitas?
    2. Apa yang menjadi daya tarik bagi Industri untuk berhubungan dengan Universitas? bukankah biasanya industri memiliki R&D (Research and Development) sendiri yang lebih hebat dan terjamin kerahasiannya terhadap kompetitor?
    3. Bagaimana jika dari hubungan kerjasama Universitas-Industri tersebut lahir Hak Kekayaan Intelektual seperti paten misalnya, siapakah yang menjadi pemiliknya? apa ada sharing profitnya?
    terimakasih kalau pertanyaan ini di jawab?

    isrok

    January 19, 2012 at 7:40 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: