Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Pemanasan dengan Gelombang Elektromagnetik

leave a comment »

Tulisan ini tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik untuk pemanasan di industri. Gelombang elektromagnetik memang banyak sekali pemanfaatannya. Seperti telah diketahui bahwa industri textile, kertas, makanan, automotif dan berbagai industri strategis lainya memerlukan proses pemanasan dalam tahapan pengolahan produknya. Teknologi pemanasan yang sangat umum digunakan adalah pemanasan dengan gelombang elektromagnetik.

Berdasar klasifikasi frekuensi gelombang elektromagnetik yang digunakan ada beberapa jenis pemanasan:

1. Induction heating
Teknik ini menggunakan gelombang elektromagnetik 50Hz-1MHz. Teknik ini biasa diterapkan pada high conducting material seperti besi ataupun metal alloy dengan memanfaatkan induksi elektromagnetik. Aplikasi ini bisa digunakan untuk proses hardening, melting maupun soldering. Frekuensi yang digunakan berdasarkan bahan yang diproses. Semakin kecil bahan maka diperlukan frekuensi yang semakin tinggi.Sebagai contoh frekuensi 30 kHz digunakan untuk bahan yang tebal, frekuensi 480 kHz digunkan untuk bahan yang sangat kecil.
2. RF heating
Beroperasi pada frekuensi 13-27 MHz. Pemanasan dengan teknik ini sangat luas penggunaanya dalam moisture levelling. Pada tingkat kandungan air yang sudah sangat minim (moisture content 30-5%) teknik ini sangat efektif. Moisture levelling pada pemrosesan biskuit, cereal dan textil biasanya menggunakan RF Heating. Walaupun memerlukan daya yang sangat besar tapi kecepatan moisture leveling pada range 30-5% sangat baik sehingga akan menghemat waktu maupun energi.
3. Microwave heating
Menggunakan frekuensi 900-2450. Teknik ini sangat populer dalam pemanasan makanan maupun bahan industri. Microwave oven yang sangat luas penggunaannya mempunyai frekuensi 915 MHz. Disamping untuk keperluan pemanasan makanan maupun industri makanan, microwave heating juga digunakan untuk pemanasan bahan-bahan pembuat body mobil maupun pesawat terbang. Pemanasan bahan carbon fiber reinforce plastic yang sangat memakan energi pada pemanasan konvensional, menjadi jauh lebih efektif dengan microwave heating. Pada daya rendah microwave heating juga dapat digunakan untuk terapi kanker yang terkenal dengan istilah hyperthermia. Teknik terapi ini sudah diproduksi dan diterapkan di beberapa negara maju.
4. Infrared heating
Teknik ini juga luas penggunaannya karena teknologinya yang murah. Biasa digunakan untuk pengolahan plastik maupu produk berbahan baku gelas. Secara teoritis efisiensi pemanasan infrared 100% tapi pada prakteknya tergantung pada penyerapan bahan terhadap spektrum infrared.

Penggunaan pemanasan dengan gelombang elektromagnetik sangat luas di industri karena beberapa keuntungan berikut:
– transfer energi yang cepat
– pemanasan yang menyeluruh ataupun selektif
– superior moisture levelling (dengan conventional heating sangat tidak efisien)
– compact equipment
– ramah lingkungan
– high power density
– uniform heating

Penelitian dalam bidang ini untuk meningkatkan uniformity pada proses pemanasan dengan perancangan applicator yang sesuai dan pengoptimalan transfer energi antara sumber dan applicator terus diminati dan dikembangkan. Berbagai penelitian interaksi antara material dan elektromagnetikpun menjadi sangat menarik sebagai modal untuk mendesain sistem yang sesuai pada suatu pengolahan material.

Implementasi gabungan dari beberapa teknik pemanasan gelombang elektromagnetikpun dimungkinkan. Sebagai contoh pada saat kadar air masih tinggi bisa menggunakan microwave heating yang dayanya lebih efektif 4 kali daripada RF heating. Akan tetapi saat moisture level dibawah 30% maka penggunaan RF heating akan mempercepat pemrosesan dengan waktu yang sangat significant.

Demikian sedikit gambaran umum tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik untuk pemanasan.

Ditulis oleh:
Dhidik Prastiyanto

Written by dhidikp

October 10, 2009 at 9:34 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: