Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Filter Digital Matlab

with 2 comments

Tulisan filter digital matlab ini pengantar untuk dapat mendesain filter digital dengan Matlab. Filter digital sendiri pengertianya adalah suatu sistem yang memproses masukan sinyal diskret menjadi keluaran dengan suatu tujuan tertentu misalkan mengurangi noise dari sinyal tersebut.

Karakteristik filter digital ditentukan oleh fungsi alih atau persamaan diferens filter. Dari persamaan diferens filter dapat ditentukan respon filter terhadap masukan. perancangan filter digital ditentukan oleh tujuan penggunaan filter tersebut. Misalkan membuat low pass filter atau tapis pelewat rendah maka spesikasi filter low pass tersebut ditentukan dahulu, seperti frekuensi cut off dan gain pass band maupun stop bandnya. Filter ideal mempunyai gain linear pada pass bandnya adalah 1 dan gain pada stop bandnya 0. Akan tetapi realisasi filter yang sangat mendekati kondisi ideal akan menimbulkan cost pada komputasinya. setelah spesifikasi filter ditentukan maka perancangan adalah untuk menenentukan fungsi alih yang memenuhi spesifikasi yang diinginkan.

Untuk mendesain filter dengan Matlab bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan memanfaatkan visual desain FDA Tool ataupun dengan menulis m file. Tujuannya tetap sama yaitu mendapatkan koefisien filter b dan a (koefisien pembilang dan penyebut fungsi alih filter). Filter digital sangat luas penerapannya pada piranti elektronik seperti handphone, penerima stereo dan berbagai alat piranti digital lainnya.

Filter digital sendiri sering diklasifikasikan menjadi
-filter rekursif yaitu filter yang mempunyai loop umpan balik sehingga tanggapan impulsenya mempunya batasan waktu yang tidak berhingga atau sering disebut infinite impuls response.
-filter non rekursif yaitu filter yang hanya terdapat umpan maju saja sehingga tanggapan impulsenya terhingga atau disebut finite impulse response (FIR)

1. Dengan FDA Tool
Filter Design and Analysis adalah tool yang sangat mudah digunakan untuk mendesain filter. FDATool berupa GUI yang memungkinkan kita untuk mendesain, memanggil dan menganalisis filter IIR maupun filter FIR. Untuk memanggil tool ini sangat mudah sekali yaitu dengan mengetikan pada command window matlab fdatool kemudian dieksekusi. Setelah eksekusi perintah tersebut maka akan muncul window FDA. Window tersebut berfungsi untuk merancang filter dengan spesifikasi yang kita inginkan. Rancangan filter bermula dari tanggapan frekuensi yang diinginkan. Jadi intinya adalah menentukan parameter-parameter tanggapan frekuensi dengan mengatur pada frame-frame yang telah tersedia.

2. Menggunakan script pemrograman dalam m file.
Matlab menyediakan berbagai tool yang lengkap dalam desain filter digital maupun implementasi filter hasil rancangan tersebut untuk simulasi performa dari filter digital tersebut. Berikut beberapa syntax penting dalam mendesain filter da mengimplementasikan.
– Perintah untuk mendesain filter IIR. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mendesain filter IIR. Hasil dari tool ini adalah koefisien filter. Beberapa metode itu adalah besself, butter, cheby1, cheby2, ellip, maxflat dan yulewalk. Metode-metode desain filter yang terkenal seperti Butterworth dan chebysev tidak perlu dilakukan lagi dengan manual dan cukup digantikan dengan beberapa baris script.
– Perintah untuk mendesain filter FIR. Ada banyak metode yang dipergunakan diantaranya yang terkenal adalah desain dengan window-based atau frequency sampling-based. Perintah-perintahnya adalah: cremez,fir1,fir2,fircls,fircls1,firls,fircos,intfilt, kaiserord dan remez.
– Perintah untuk memperkirakan orde filter. Perintah-perintah untuk menghitung orde filter tersebut adalah: buttord,cheb10rd,cheb2ord,ellipord dan remezord.

Untuk mencoba filter hasil rancangan dengan filter desain and analysis tool maupun dengan tool pada cript m file sangat mudah. Untuk koefisien filtewr hasil rancangan pada FDA Tool dapat dikirim ke signal processing tool (SPtool) sehingga dengan mudah kita dapat menerapkan filter tersebut terhadap masukan dan melihat keluaran dari filter. Untuk mencoba pada script m file cukup dengan perintah y=filter(b,a,x), perintah tersebut adalah memfilter dengan filter yang mempunyai koefisien pembilang b dan penyebut a terhadap masukan x.

Filter digital dapat juga dibuat dengan koefisien yang berupah sesuai dengan tujuan penggunaannya misalkan untuk identifikasi sistem. Filter yang koefisiennya dapat diatur dengan suatu algoritma tertentu disebut filter adaptif.

Demikian sedikit tentang pengantar perancangan filter digital dengan Matlab, lain kesempatan akan dibahas tentang contoh perancangan filter digital.

Referens,
1. Diktat Pengolahan Sinyal Digital, Dhidik Prastiyanto
2. Filter design documentation. Matlab

Ditulis oleh:
Dhidik Prastiyanto

Written by dhidikp

October 19, 2009 at 7:32 pm

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Prof.. kasih contoh model mathenya dong Prof.. Danke. Gruß

    mughni

    November 10, 2009 at 5:07 am

  2. thanks infonya.

    funfunfun

    May 11, 2010 at 5:57 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: