Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Permasalahan seputar Dongle

leave a comment »

Software-software komersial dilengkapi dengan piranti untuk melindungi dari pembajakan. Dongle adalah salah satu piranti yang digunakan untuk keperluan tersebut. Dengan dongle maka suatu software hanya bisa dipakai oleh satu komputer pada saat yang sama. Harga lisense suatu software terutama untuk keperluan spesifik memang sangat mahal. Grup saya menggunakan suatu software untuk mendesain dan menganalisis permasalahan gelombang elektromagnetik dengan license sekitar 14000 euro per tahun. Sebuah harga yang terbilang sangat mahal jika software tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal.

Seringkali saat komputer terutama setelah instalasi perangkat lunak memiliki masalah dengan pembacaan dongle. Untuk mengatasi permasalah tersebut kita dapat menganalis pesan error yang disampaikan. Minggu yang lalu laptop grup saya yang baru saja dipakai mahasiswa bachelor untuk praktikum mengalami permasalahan ini. Errornya adalah can not read image file from the dongle. Untuk kesalahan tersebut dapat dilakukan langkah-langkah berikut:
1. Check status koneksi port yang digunakan, pastikan dongle tersebut menancap dengan benar. Kita juga dapat mengecek status dari port tersebut dari device manager sistem operasi.
2. Periksa data yg tertera pada license, pastikan bahwa license tersebut sesuai dengan ID Dongle yang digunakan.
3. Apabila kedua hal tersebut sudah benar tetapi tetap terjadi masalah maka instal ulang driver Dongle tersebut. Dongle biasanya disertai dengan CD Drivernya. Jika Cd Driver sudah hilang entah kemana maka download saja dari perusahaan pembuatnya. Kalau dari perusahaan pembuatnya mengharuskan menghubungi customer service, daripada repot bisa saja kita googling driver yg banyak tersedia bebas.
Masalah saya teratasi dengan instalasi driver dongle tersebut.

Untuk dongle dengan koneksi ke port pararel, kita harus menghubungkan dengan port pararel komputer. Extension dari pararel ke USB biasanya tidak dapat membaca dongle koneksi pararel melalui port USB. Dongle dengan port paralel memang agak merepotkan karena kebanyakan laptop sekarang tidak dilengkapi dengan port ini. Untuk keperluaan akademis biasanya pembuat software menyediakan license khusus yang lebih murah. Baru saja grup kami mendapatkan license untuk keperluan akademis suatu perankat lunak. Memang jika dibandingkan license profesional ada beberapa pembatasan pada license untuk akademis tersebut, akan tetapi sudah cukup mencukupi untuk kebutuhan modelling yg kami butuhkan.

Ditulis oleh:
Dhidik Prastiyanto

Written by dhidikp

March 6, 2010 at 11:02 am

Posted in Tutorial

Tagged with ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: