Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Akses Internet Aman untuk Anak

with 2 comments

Saat sedang chatting dengan istri tiba2 tulisan huruf berjejal muncul di yahoo messenger. Seperti biasanya anak saya lagi iseng nggodain mamanya karena dia lagi bosan dengan laptopnya. Anak saya mengenal internet sejak umur 2 tahun. Saat itu dia belum bisa memakainya, hanya mengomando papanya untuk mencarikan gambar kereta api dengan perintah “pa caiin ave gambar keeta di guge”. Sekarang dia sudah bisa memakai internet, dengan cekatan dia akan menekan tombol logout facebook mama nya kalo dia merasa dicuekin. Kegemarannya maen game online membuat dia sehari-hari memakai internet, mengatur setting game, mencari game kesukaan dia di google dan browsing berbagai gambar tentang pesawat, kereta dan berbagai hal lainnya.

Dengan berbagai game interaktif dan banyak gambar-gambar edukatif lainnya maka internet sangat berguna untuk merangsang kreativitas anak. Akan tetapi bahaya maupun pengaruh burukpun siap mengintai. Semestinya memang orang tua mendampingi saat anak-anak mengakses internet. Di usia anak saya yang masih balita dan setiap hari mengakses internet membuat saya cukup khawatir karena mamanya tidak bisa selalu menemani saat Ave mengakses internet.

Untuk membatasi anak mengakses content yang berbahaya diinternet, kita dapat melakukan pembatasan antara lain dengan menggunakan browser yang khusus untuk anak-anak. Ada banyak internet browser yang aman untuk anak. Jika tidak ingin mengeluarkan ongkos untuk membeli browser tersebut, ada banyak juga yang berstatus freeware antara lain KidRocket, Kidzui dan banyak lagi yang dapat didownload dari internet. Silahkan klik di link berikut untuk mendownload free internet browser untuk anak-anak. Link tersebut saya ambilkan dari download.cnet.com.

Untuk para pecinta rubah api bisa membuat si rubah api cukup aman untuk anak dengan menambahkan adds on pada mozilla firefox anda. Software tersebut tidak dikembangkan oleh mozilla firefox dan dapat anda liat pada link berikut.
Selain itu kita juga dapat mengenalkan anak kita search engine yang ramah buat mereka. Google Safesearch dapat dipakai sebagai alternatif untuk sedikit memberi rasa aman. Sebenarnya search engine ini hanya sedikit membantu saja dan tentu pengawasan orang tua atau guru adalah yang utama.

Masih banyak berbagi cara lain yang bisa dipakai untuk membuat akses internet bagi anak lebih aman. Akan tetapi seperti dijelaskan diatas bahwa suatu software bagaimanapun ketatnya menyeleksi tetap saja ada muatan-muatan yang lolos dan membahayakan bagi si anak. Memang jalan yang terbaik adalah hanya membolehkan anak mengakses internet saat didampingi orang tua atau gurunya. Kita dapat menjelaskan dan bahkan mengekspolari content-content yang bermanfaat bagi anak dan menyeleksi sesuai dengan perkembangan umur anak.

Ditulis oleh:
Dhidik Prastiyanto

Written by dhidikp

March 12, 2010 at 9:39 pm

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] Akses Internet Aman untuk Anak (oleh Dhidik Prastyanto); […]

  2. thanks nih infonya yah!!see u

    anni

    May 20, 2010 at 3:07 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: