Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Contoh Disertasi

leave a comment »

Tawaran beasiswa S3 dari dalam negeri maupun luar negeri semakin banyak. Kesempatan untuk mendapatkan scholarship maupun tawaran bekerja sebagai asisten riset semakin terbuka. Untuk mempersiapakan diri dan mendapatkan gambaran tentang riset yang akan dijalani semasa menempuh program PhD kita dapat mencari contoh contoh disertasi yang pada umumnya memang bersifat publikasi terbuka yang dapat dibaca setiap orang. Contoh disertasi online dalam bentuk dokumen elektronis dapat dengan mudah didapatkan dengan mengetikan kata kunci bidang penelitian yang diharapkan ditambahi kata PhD Thesis atau PHD Dissertation. Negara-negara seperti Uk dan Australia menyebut PhD Thesis, sedang banyak negara lainnya menyebutnya PhD Dissertation.

1. PhD Theses di Australia. Database PhD thesis yang dapat diakses full contentnya dari universitas-universitas di australia dapat dicari dengan mudah pada link tersebut.
2. Disertation.com
3. DART Europe dapat digunakan untuk mencari dan mendownload disertasi dari universitas-universitas di Eropa.
4. Diva-Portal menyediakan pencarian disertasi di universitas-universitas negara Scandinavia.

Masih banyak lagi website dari universitas maupun organisasi non profit lain yang memfasilitasi pencarian disertasi secara online. Beberapa website mensyaratkan pendaftaran account sebelum dapat mengakses full text. Sebelum melakukan download atau melakukan pendaftaran sebaiknya dibaca ketentuan yang berlaku, aturan copyright maupun term of use yang harus dipatuhi.

Untuk mempersingkat waktu studi S3 sebaiknya kita melakukan persiapan yang matang. Dengan contoh-contoh disertasi yang mudah sekali untuk didapatkan maka persiapan tersebut akan semakin mudah. Untuk S3 by scholarship biasanya kita mempersiapakan tema disertasi tersebut. Tema itu bisa saja berubah saat kita berkonsultasi dengan calon pembimbing di universitas yang dituju. Untuk S3 yang dibiayai oleh suatu proyek penelitian, biasanya dilakukan rekruitment secara terbuka. Tema ditentukan oleh supervisor dan biasanya diumumkan pada lowongan PhD tersebut.

Studi S3 juga sangat bervariasi antar universitas dan antar negara. Ada yang didahului dengan course work atau mengambil beberapa mata kuliah yang di persyaratkan dan ada yang full research tanpa kewajiban mengambil mata kuliah. Budaya kerja riset dimasing-masing negarapun bervariasi. Di Jepan sangat lazim mahasiswa menginap di laboratotium untuk mengerjakan penelitiannya, sebaliknya di Jerman rata-rata mahasiswa bekerja pada jam kerja institutnya. Cara supervisor melakukan pembimbingan juga bervariasi. Untuk itu mengetahui segala sesuatu menyangkut riset yang akan dilakukan, kultur riset di universitas atau pusat riset, dan juga calon supervisor akan membuat persiapan kita akan lebih baik.

Ditulis oleh:
Dhidik Prastiyanto

Written by dhidikp

August 10, 2010 at 8:56 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: