Mari Berbagi walaupun hanya sekedar Informasi

Berbagi informasi tentang segala hal positif

Membentuk mental berkendala dengan aman

leave a comment »

Banyaknya angka kecelakaan membuat kita harus selalu waspada dalam berkendara. Pertanyaan yang timbul adalah bagaimana kita dapat berkendara dengan aman?

Sopan santun dalam berlalu lintas mutlak untuk dimiliki semua pengguna jalan untuk meminimalkan resiko. Kunci bagi para driver adalah menjalankan safe atau defensive driving bukan offensive driving.

Kita bisa lihat bagaimana buruknya perilaku para pengendara di Jakarta. Lampu kuning yang seharusnya dimaknai untuk berhati hati dan persiapan untuk berhenti malah seperti menjadi pertanda untuk tancap pedal gas supaya tidak terkena lampu merah. Kita juga bisa melihat bagaimana para pengendara bersiap-siap start seperti pertandingan racing saat detik di lampu merah menuju angka nol.

Pertanyaannya bagaimana membentuk mental pengendara menjadi baik?. Ada berbagai hal yang bisa dilakukan.

Dari sisi pemerintah, Undang undang dan peraturan lain tentang lalu lintas harus dibuat sedetail mungkin dan menpertimbangkan faktor keselamatan sebagai faktor utama. Aturan yang tegas harus dibuat seperti, Pengendara yang terlibat kecelakaan yang menyebabkan korban meninggal, dicabut SIM seumur hidupnya. Penegakan hukum untuk masalah lalu lintas harus konsisten dan ditingkatkan.

Dari sisi masyarakat, Edukasi displin berlalu lintas dilakukan sejak dini. Ajarkan anak untuk memiliki mental taat berlalu lintas. Pertanyaannya bagaimana cara mengajarinya?. Jawabnya gampang, berikah contoh sehari-hari.

Dari sisi sekolah dan guru, materi berlalu lintas tanamkan sejak TK. Ajari anak2 disiplin mengantri, menyebrang pada tempatnya, dan kegiatan lain yang mengajarkan sopan santun berlalu lintas. Pendidikan bisa lewat kegiatan menyenangkan misalkan dengan pelajaran tertib bersepeda. Anak yang sudah paham dan lulus pelajaran ini dikasih ijasah bisa bersepeda di lingkungan sekolah.

Masih banyak hal yang bisa kita lakukan, intinya adalah kesabaran dan konsistensi dalam memberi contoh berlalu lintas dengan baik.

 

Written by dhidikp

January 24, 2015 at 7:43 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: